View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI KEBERHASILAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (67.81Kb)
      HALAMAN JUDUL (353.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (314.1Kb)
      ABSTRACT (111.4Kb)
      BAB I (114.9Kb)
      BAB II (272.8Kb)
      BAB III (328.6Kb)
      BAB IV (378.7Kb)
      BAB V (88.07Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (121.7Kb)
      LAMPIRAN (1.603Mb)
      LAMPIRAN (6.596Kb)
      LAMPIRAN (310.2Kb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      HASANAH, NURUL USWATUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan program pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian “mix method” dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Subyek dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi dan kuisioner model skala likert. Data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi Context (persiapan) sudah terbilang baik karena memenuhi beberapa tahap yaitu pengamatan awal untuk mengidentifikasi gejala kemudian diadakannya sosialisasi,barulah menjadi sebuah program yang siap dijalankan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.(2) Evaluasi Input (masukan) dapat disimpulkan bahwa kualifikasi guru PAI sudah baik seperti dalam UU No.14 tahun 2005 namun dari segi jumlah tenaga pendidik mata pelajaran PAI masih belum baik karena hanya tersedia satu guru pokok, latar belakang peserta didik belum baik karena belum sepenuhnya melaksanakan lima nilai karakter, dan sarana dan prasarana yang belum memadai dalam menunjang pendidikan karakter.(3)Evaluasi Process (proses) terdiri dari beberapa komponen yaitu materi pendidikan karakter, metode guru PAI yang sepenuhnya belum berhasil karena tidak efektif, penggunaan media yang sudah baik, dan penilaian peserta didik yang sudah baik.(4) Evaluasi product (hasil) dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI belum sepenuhnya baik karena tidak sesuainya data angket dengan data observasi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11276
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV