dc.contributor.advisor | TAGO, MAHLI ZAINUDDIN | |
dc.contributor.author | BARKAH, FAUZI NURUL | |
dc.date.accessioned | 2017-07-05T03:16:26Z | |
dc.date.available | 2017-07-05T03:16:26Z | |
dc.date.issued | 2017-04-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11336 | |
dc.description | Autistic children are children who have developmental disorder since early age. They have difficulties in communication and building social interaction. Despite the difficulties, autistic children have the right to be loved and get education as normal children commonly do. It is the responsibility of the parents to provide love and education as they are the first persons the children know, for Moslem parents, more over the parents are obliged to implement Islamic values to the children so they will grow into good Moslem. The attitude of parents in their parenting pattern for autistic children became the concern of this research. This research was to find out the attitude and parenting pattern in implementing Islamic values to autistic children. Qualitative method was used in this research of wich data was collected by interview, observation an documentation in order to better understand the parents attitude and parenting pattern. The object in this research was the parents of autistic children at Sekolah Luar Biasa (Inclusive School) Negeri 1 Bantul. The research result showed that the attitude of the parents with autistic children was positive. The parenting patterns in implementing Islamic values were categorized into three parenting patterns. Most pattern used was democratic, while the lease was authoritarian and laisses fire. | en_US |
dc.description.abstract | Anak Autisme adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan sejak usia dini, beberapa kekurangannya terdapat dalam komunikasi dan interaksi sosial. Namun bagaimanapun anak autisme berhak mendapatkan kasih sayang dan pendidikan sebagaimana anak normal pada umumnya. Tugas memberikan kasih sayang dan pendidikan ialah tugas orangtua sebagai manusia pertama yang dikenali anak, dan untuk orangtua yang beragama Islam, tentu berkewajiban untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada anak sehingga anak bisa tumbuh menjadi pribadi muslim yang baik. Sikap yang dimunculkan orangtua serta pola asuh orangtua yang sesuai untuk anak autisme menjadi perhatian yang utama dalam menanamkan nilai- nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan pola asuh seperti apa yang diterapkan orangtua dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada anaknya penyandang autisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi sehingga mampu menggali lebih dalam sikap dan pola asuh orangtua. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak autisme di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap orangtua terhadap anaknya yang menyandang autisme di SLB Negeri Bantul termasuk kepada sikap yang positif. Pola Asuh orangtua dalam menanamkan nilai-nilai Islam terhadap anaknya yang menyandang autisme di SLB Negeri 1 Bantul terbagi kedalam tiga jenis pola asuh. Sebagian besar menerapkan pola asuh yang demokratis, dan sebagian kecil menerapkan pola asuh otoriter dan laisses fire. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Autisme, Sikap, Pola Asuh, Nilai- Nilai Islam. Autism, Attitude, Parenting pattern , Islamic values. | en_US |
dc.title | SIKAP DAN POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP ANAK PENYANDANG AUTISME | en_US |
dc.title.alternative | (STUDI KASUS: SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
108 | en_US |