PENGARUH ETIKA SYARIAH MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEMBIAYAAN PADA BANK BRI SYARIAH KCP WELERI KENDAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Etika Syariah Marketing terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan pada Bank BRISyariah KCP Weleri Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui kuesioner. Responden yang digunakan sebanyak 80 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel Berperilaku Baik dan Simpatik (Shidq) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikasi sebesar 0,002. 2) Variabel Berlaku Adil dalam Bisnis (Al-Adl) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikasi sebesar 0,414. 3) Variabel Bersikap Melayani dan Rendah Hati (Khidmah) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikasi sebesar 0,723. 4) Variabel Menepati Janji dan Tidak Curang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikasi sebesar 0,039. 5) Variabel Jujur dan Terpercaya (Al-Amanah) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikasi sebesar 0,000.