PENERAPANAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TK ABA KEMBARAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan perhatian siswa dalam proses pembelajaran pada Kelompok Bermain B2 TK ABA Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul dengan menggunakan media papan flanel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan desain Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelompok Bermain B2 TK ABA Kembaran Tamntirto Kasihan Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi siswa, hasil wawancara siswa dan guru serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media papan flanel dapat meningkatkan perhatian siswa Kelompok Bermain B2 TK ABA Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul, terlihat pada peningkatan dengan porsentase siklus I 57% (kategori cukup). pada siklus II rata-rata perhatian siswa meningkat lagi menjadi 80% (kategori baik). Penelitian berhenti pada siklus II karena hasil yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi keberhasilan.