dc.contributor.advisor | WISNUJATI,ANDIKA | |
dc.contributor.author | OKTAVIYANUR, DEBBY | |
dc.date.accessioned | 2017-07-05T06:49:55Z | |
dc.date.available | 2017-07-05T06:49:55Z | |
dc.date.issued | 2017-02-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11364 | |
dc.description | Dunia otomotif yang semakin berkembang menuntut perubahan agar alat transportasi lebih baik, tidak hanya pada mesinnya yang irit bahan bakar melainkan juga pada tingkat kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya sistem pada mobil adalah sistem pemindah tenaga berupa sistem tranmisi. Sistem transmisi dibuat untuk memperoleh momen yang sesuai dengan kondisi jalan. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui cara memperbaiki, melapas, memasang dan mengetahui troubleshooting yang ada pada transmisi.
Metode penelitian yang dibahas dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah melakukan pelepasan, pengukuran, pemasangan sesuai prosedur yang meliputi sistem transmisi dari kendaraan sehingga dapat melakukan pengamatan fungsi komponen yang terdapat pada transmisi, mengetahui cara kerja sistem transmisi dan,menghitung perbandingan gigi percepatan.
Berdasarkan hasil dan penelitian dapat simpulkan transmisi merupakan komponen pemindah daya yang berfungsi untuk mengubah momen kecepatan kendaraan dan mengubah arah putaran untuk berjalan mundur. Dimana jenis ini perkaitan jenis gigi percepatan dengan countershaft gear adalah tetap, sebagai penghubung tiap gigi percepatan dipasang unit synchromesh. Unit synchromesh ini dapat bekerja pada putaran tinggi sehingga dapat memindahkan gigi percepatan dengan aman dan lembut. Identifikasi penyebab kerusakan pada transmisi salah satunya adalah sulit untuk memasukan gigi di sebabkan kopling kurang setelan atau oli transmisi kurang atau habis. Gigi terlepas sendiri ini kebanyakan diakibatkan oleh kerusakan synchromesh pada gigi transmisi. Untuk melakukan perbaikan, synchromesh harus segera di ganti dan di lakukan pembongkaran total. | en_US |
dc.description.abstract | Dunia otomotif yang semakin berkembang menuntut perubahan agar alat transportasi lebih baik, tidak hanya pada mesinnya yang irit bahan bakar melainkan juga pada tingkat kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya sistem pada mobil adalah sistem pemindah tenaga berupa sistem tranmisi. Sistem transmisi dibuat untuk memperoleh momen yang sesuai dengan kondisi jalan. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui cara memperbaiki, melapas, memasang dan mengetahui troubleshooting yang ada pada transmisi.
Metode penelitian yang dibahas dalam penulisan laporan tugas akhir ini adalah melakukan pelepasan, pengukuran, pemasangan sesuai prosedur yang meliputi sistem transmisi dari kendaraan sehingga dapat melakukan pengamatan fungsi komponen yang terdapat pada transmisi, mengetahui cara kerja sistem transmisi dan,menghitung perbandingan gigi percepatan.
Berdasarkan hasil dan penelitian dapat simpulkan transmisi merupakan komponen pemindah daya yang berfungsi untuk mengubah momen kecepatan kendaraan dan mengubah arah putaran untuk berjalan mundur. Dimana jenis ini perkaitan jenis gigi percepatan dengan countershaft gear adalah tetap, sebagai penghubung tiap gigi percepatan dipasang unit synchromesh. Unit synchromesh ini dapat bekerja pada putaran tinggi sehingga dapat memindahkan gigi percepatan dengan aman dan lembut. Identifikasi penyebab kerusakan pada transmisi salah satunya adalah sulit untuk memasukan gigi di sebabkan kopling kurang setelan atau oli transmisi kurang atau habis. Gigi terlepas sendiri ini kebanyakan diakibatkan oleh kerusakan synchromesh pada gigi transmisi. Untuk melakukan perbaikan, synchromesh harus segera di ganti dan di lakukan pembongkaran total. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Transmisi, Moment, Synchromesh | en_US |
dc.title | ANALISIS TROUBLESHOOTING SISTEM TRANSMISI PENGGERAK RODA DEPAN HONDA ACCORD 4 PERCEPATAN | en_US |
dc.type | Thesis
T A
VOK
096 | en_US |