EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TARIKH ISLAM KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan minat dan motivasi belajar murid kelas X SMA Muhammadiyah Bantul dengan menggunakan media visual dan tanpa menggunakan media visual dalam pembelajaran Tarikh Islam (2) Mengetahui penerapan visual dalam pembelajaran Tarikh Islam di SMA Muhammadiyah Bantul (3) Membuktikan efektivitas media visual dalam meningkat minat dan motivasi belajar murid kelas X D SMA Muhammadiyah Bantul dalam pembelajaran Tarikh Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan non equivalent control grup design atau desain kelompok kontrol tak setara. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel bertujuan yaitu memilih sampel penelitian dengan tujuan tertentu. Jumlah sampel yang digunakan adalah 15 sampel untuk kelas eksperimen dan 15 sampel untuk kelas kontrol. Pengumpulan data di lakukan dengan cara angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan cara statistik deskriptif, independent sample t-test, dan uji paired sample t-test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) ada perbedaan yang signifikan minat dan motivasi belajar murid dengan menggunakan media visual dan tanpa menggunakan media visual. Hal itu terlihat dari hasil posttest yang di berikan setelah pembelajaran berlangsung, kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran dengan media visual memiliki skor nilai yang lebih tinggi di banding kelas kontrol yang belajar tanpa menggunakan media visual. (2) Penerapan media visual dalam pembelajaran Tarikh Islam dapat menjadikan situasi pembelajaran lebih baik dan meningkatkan minat serta motivasi belajar. (3) Media visual dalam pembelajaran Tarikh Islam terbukti efektiv untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar murid kelas X.