View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH NGADIREJO TEMANGGUNG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (24.87Kb)
      HALAMAN JUDUL (293.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (346.3Kb)
      ABSTRACT (33.60Kb)
      BAB I (47.25Kb)
      BAB II (81.15Kb)
      BAB III (256.2Kb)
      BAB IV (634.1Kb)
      BAB V (94.73Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (89.23Kb)
      LAMPIRAN (609.0Kb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      AMINAH, SITI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebelum menggunakan metode make a match, 2) mengidentifikasi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebelum menggunakan metode make a match,3) membuktikan penerapan model pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Ngadirejo Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research-CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Muhammadiyah Ngadirejo, dengan jumlah siswa sebanyak 21siswa. Terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk data observasi dan tes, sedangkan data kualitatif untuk data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan prosentase pada pra-siklus yaitu 45% (kategori rendah) meningkat pada siklus I menjadi 52,5% (kategori cukup) meningkat pada siklus II menjadi 75% (kategori tinggi). Adapun prestasi belajar pada siklus I sebesar 60% (kategori cukup), sedangkan pada siklus II prosentase hasil belajar meningkat menjadi 80% (kategori tinggi sekali).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11507
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV