PENGARUH PROMOSI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MIROTA KAMPUS YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap impulse buying baik secara langsung maupun melalui variabel intervening yaitu shopping emotion. Objek dalam penelitian ini adalah department store Mirota Kampus Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 sampel. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dimana data diperoleh langsung dari narasumber dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan SPSS dengan path analysis sebagai model penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere memengaruhi konsumen dalam melakukan impulse buying baik secara langsung maupun melalui variabel intervening. Sedangkan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prilaku konsumen dalam melakukan impulse buying. Shopping emotion sebagai variabel intervening hanya memediasi variabel store atmosphere sedangkan promosi tidak.