VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI SENGGIGI KABUPATEN LOMBOK BARAT: PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD
Abstract
Objek wisata Pantai Senggigi di Kabupaten Lombok Barat merupakan sumberdaya yang bersifat barang publik dimana konsumsi yang dilakukan seseorang terhadapnya, tidak akan mengurangi konsumsi orang lain terhadap barang tersebut. Selain itu, barang publik memberikan manfaat ekonomi yang intangible, yaitu manfaat ekonomi yang tidak dapat dihitung secara riil karena belum memiliki nilai pasar seperti rasa nyaman, pemandangan yang indah, udara yang sejuk dan lain sebagainya. Studi ini bertujuan untuk menghitung nilai ekonomi objek Wisata Pantai Senggigi dengan menggunakan metode Travel Cost Method (TCM). Pengambilan sampel yang digunakan accidential sampling dan besarnya sampel 150 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya waktu, persepsi responden, pendapatan individu, tingkat pendidikan dan umur masing-masing berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai Senggigi. Biaya perjalanan dan fasilitas tidak berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai Senggigi. Berdasarkan hasil perhitungan maka diketahui nilai ekonomi wisata pantai Senggigi dengan pendekatan biaya perjalanan terbesar berasal dari kabupaten Lombok Timur yaitu sebesar Rp. 473.704.167,-/tahun per 1.000 penduduk.