PENGARUH AUDIT OPERASIONAL, PENGENDALIAN INTERNAL, GOOD CLINICAL GOVERNANCE, DAN ETIKA BISNIS LEMBAGA RUMAH SAKIT TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Audit Operasional, Pengendalian Internal, Good Clinical Governance, dan Etika Bisnis Lembaga Rumah Sakit terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS di rumah sakit yang berada di Kabupaten Tulungagung. Subjek Penulisan adalah karyawan setiap rumah sakit yang berada di Kabupaten Tulungagung yang dirasa oleh Penulis sangat cocok untuk dijadikan responden. Dalam Penulisan ini sampel berjumlah 6 rumah sakit dengan masing-masing rumah sakit diambil 10 karyawan sebagai responden, dengan pemilihan sampel rumah sakit menggunakan metode purposive sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan kuesioner, dan alat analisis yang digunakan dalam Penulisan ini adalah Analisis Regresi Berganda (Double Regression Analysis).
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa audit operasional, pengendalian internal dan etika bisnis lembaga rumah sakit tidak berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan kesehatan BPJS di rumah sakit. Namun, Good Clinical Governance berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan kesehatan pasien BPJS di rumah sakit yang berada di Kabupaten Tulungagung.