View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT MUHAMMAD IBNU ABDUL HAFIDH SUWAID DAN THOMAS LICKONA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN kARAKTER DI INDONESIA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (55.31Kb)
      HALAMAN JUDUL (336.7Kb)
      NOTA DINAS (236.9Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (283.3Kb)
      ABSTRAK (82.64Kb)
      BAB I (282.5Kb)
      BAB II (374.3Kb)
      BAB III (93.13Kb)
      BAB IV (620.2Kb)
      BAB V (150.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (88.36Kb)
      Date
      2017
      Author
      NGAJIATI, DEWI SRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid dan Thomas Lickona dan untuk mengetahui relevansinya konsep pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka ataulibrary research yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perbandingan (komparatif). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, dengan menggunakan buku primer karya Thomas Lickona yang berjudul Educating for Character: How Our Schools Can Teach and Responsibility dan buku karangan Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid yang berjudul Manhaj Tarbiyah Nabawiyah Li at-Thifli. Sedangkan buku sekunder yang peneliti gunakan adalah buku-buku yang relevan dengan judul penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dari Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid lebih banyak mengarah pada aspek-aspek religiusitas. Sedangkan konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona aspek religiusitasnya hanya terbatas pada sikap toleransi saja, Thomas Lickona lebih menekankan pada dua nilai sosial yaitu sikap hormat dan tanggung jawab sebagai hal pokok yang perlu ditanamkan pada diri manusia. Kedua, konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona dinilai lebih relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di Indonesia dari pada konsep karakter menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12420
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV