dc.description.abstract | Dalam satu dekade terakhir, telah terjadi perubahan yang cepat dalam penggunaan metode Structural Equation Modeling (SEM) pada Penelitian Manajemen. Fenomena ini mematahkan dominasi penggunaan analisis model regresi dan jalur (path analysis) yang telah berlangsung selama beberapa dekade sebelumnya.
Sebelum tahun 1990, dalam penelitian manajemen pemasaran hanya 10 artikel yang menggunakan SEM. Pada periode 1995-2007 lebih dari 2/3 keseluruhan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal internasional marketing ternama menggunakan SEM.
Buku ini secara komprehensif membahas metode SEM yang terdiri dari konsep dasar SEM dilengkapi dengan tutorial yang diambil dari hasil penelitian empiris bidang manajemen. Teori dan aplikasi program AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart-PLS 3.0. dibahas sekaligus dalam buku ini, sehingga disebut buku “3 in 1”.
Sasaran pembaca adalah mahasiswa, dosen dan peminat penelitian. Metode SEM bukan hanya dapat diaplikasikan untuk penelitian manajemen, namun juga untuk ilmu-ilmu sosial lainnya pada jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3).
Pembahasan utama buku ini meliputi :
1. Konsep dan Prinsip-prinsip Dasar SEM.
2. Tutorial AMOS 22.0 dalam Penelitian Manajemen.
3. Tutorial LISREL 8.80 dalam Penelitian Manajemen.
4. Tutorial Smart-PLS 3.0 dalam Penelitian Manajemen.
Buku ini dilengkapi CD data untuk latihan sehingga dapat digunakan sebagai acuan
untuk belajar secara mandiri. | en_US |