View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PROSES KREATIF PERANCANGAN ULANG LOGO ‘JOGJA ISTIMEWA’

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (92.67Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.029Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (344.9Kb)
      ABSTRACT (36.94Kb)
      BAB I (504.7Kb)
      BAB II (230.2Kb)
      BAB III (748.8Kb)
      BAB IV (139.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (231.9Kb)
      Date
      2017-01-27
      Author
      AKBAR, PRISTIA NUR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Rebranding sebagai sebuah perubahan merek seringkali identik dengan perubahan brand ataupun logo sebagai lambang sebuah merek itu sendiri. Logo merupakan bagian dari corporate identity harus mencerminkan budaya perusahaan atau lembaga. Maka menentukan sebuah logo harus benar-benar diperhatikan karena penggunaannya untuk jangka panjang. Oleh karena yang menilai dan menentukan image suatu daerah adalah publik, maka Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sengaja menciptakan logo baru dengan proses crowdsourcing. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat ikut menyumbangkan ide-ide kreatifnya serta menyampaikan harapannya tentang Jogja di masa depan melalui komunikasi visual berupa gambar yang terdapat pada logo. Perancangan logo yang baik untuk city branding berangkat dari creative brief yang mencakup informasi seputar attribute, message, differentiation, dan ambassadorship sehingga pesan visual yang ingin disampaikan komunikator dapat dengan mudah dipahami oleh komunikan. Konsep-konsep yang mendasari penelitian ini mengacu pada teori city branding, logo dan tahap-tahap proses berpikir kreatif yang meliputi, keterlibatan diri (immersion), proses inkubasi (incubation), iluminasi dan verifikasi, yang dikemukakan oleh James Webb Young. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus berupa pengamatan lapangan serta wawancara mendalam dengan Kabid. Pemerintahan BAPPEDA Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bapak M. Arief Budiman selaku perwakilan dari Tim 11. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan kasus penelitian, data kasus terdiri dari semua informasi yang dimiliki tentang proses kreatif logo ‘Jogja Istimewa’, termasuk semua data wawancara, data pengamatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Tim 11 merealisasikan proses kreatif sebuah logo melalui langkah eksekusi kreatif dengan melakukan riset, pemilihan thumbnails, digitalisasi, review, pendaftaran merek, penentuan sistem identitas dan yang terakhir tahapan produksi logo.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12887
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV