dc.contributor.advisor | RASYID, HARYADI ARIEF NUUR | |
dc.contributor.author | FITRIANSYAH, RICHARD AIDIL | |
dc.date.accessioned | 2017-08-15T03:18:31Z | |
dc.date.available | 2017-08-15T03:18:31Z | |
dc.date.issued | 2017-07-27 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12896 | |
dc.description | Magelang is one of the main tourist destination that located in Central Java.
Magelang has assets and regional tourism resource that consist of many objects and
natural tourist attraction. Started at 2014 the number of tourist in Magelang always
increasing. Although it’s increase every years, at 2014 and 2015 the number of
tourist in Magelang did not reach the target that specified by Department of tourism,
youth, and sports of Magelang. At 2016 the number of tourist of Magelang Tourism
increasing again and reached the target that specified by Department of tourism,
youth, and sports of Magelang. Then I’am as a researcher formulating the problem
about “how the promotion strategy of that done by Department of tourism, youth,
and sports of Magelang in increasing the number of tourist at 2016?”
This research aims to know and describe the promotion strategy that done
by Department of tourism, youth, and sports of Magelang in increasing the number
of tourist at 2016. The technique of data collection using interview and document
study. The technique of choosing informant using purposive sampling technique.
In this research the data analyzed by descriptive qualitative method with four steps
of validity checking, there are, data collecting, data reduction, presentation, and
conclusion. The technique of data validity is using triangulation technique.
From this research, noted that in implementation of promotion activity
Department of tourism, youth, and sports of Magelang used 8 steps of strategy
according to Philip Kotler concept, started with identify the intended target,
determine the purpose of communication, compose message, choose promotion
mix, promotion budget allocation, measure promotional results, and coordination
of communication process that integrated. Department of tourism, youth, and sports
of Magelang ulso used three instrument concept of promotion by Yoeti in the step
of determining the promotion mix, there are, advertising, sales support, and public
relation. | en_US |
dc.description.abstract | Kabupaten Magelang merupakan salah satu tujuan wisata utama yang ada
di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Magelang memiliki aset dan sumber daya
pariwisata daerah yang terdiri dari banyak objek dan daya tarik wisata alam yang
berpotensi. Jumlah kunjungan wisata Kabupaten Magelang dari tahun 2014-2016
selalu mengalami peningkatan. Akan tetapi walaupun setiap tahunnya mengalami
peningkatan, pada tahun 2014 dan 2015 kunjungan wisata Kabupaten Magelang
tidak menembus target yang dicanangkan oleh DISPARPORA Kabupaten
Magelang. Pada tahun 2016 kunjungan wisata Kabupaten Magelang kembali
mengalami peningkatan dan menembus target yang telah dicanangkan. Sehingga
dapat dirumuskan permasalahan yaitu “bagaimana strategi promosi yang dilakukan
oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang dalam
meningkatkan pengunjung pada tahun 2016?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan strategi
promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
Kabupaten Magelang dalam meningkatkan jumlah wisatawan tahun 2016. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Teknik pemilihan
informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini
data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan empat langkah, yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam menjalankan kegiatan
promosi DISPARPORA Kabupaten Magelang menggunakan delapan langkah
strategis Kotler seperti mengidentifikasi pasar yang dituju, menentukan tujuan
komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, mengalokasikan
anggaran promosi, memutuskan mengenai bauran promosi, mengukur hasil
promosi dan mengkoordinasi proses komunikasi yang terintegrasi. Pada bauran
promosi DISPARPORA juga menggunakan konsep tiga instrument promosi milik
Yoeti, yaitu advertising, sales support dan public relation. | en_US |
dc.publisher | FISIP UMY | en_US |
dc.subject | Strategi, Komunikasi Pemasaran, Promosi Wisata. Strategy, Marketing Communication, Tourist Promotion | en_US |
dc.title | STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN MAGELANG DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG TAHUN 2016 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
603 | en_US |