STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN MAGELANG DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG TAHUN 2016
Abstract
Kabupaten Magelang merupakan salah satu tujuan wisata utama yang ada
di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Magelang memiliki aset dan sumber daya
pariwisata daerah yang terdiri dari banyak objek dan daya tarik wisata alam yang
berpotensi. Jumlah kunjungan wisata Kabupaten Magelang dari tahun 2014-2016
selalu mengalami peningkatan. Akan tetapi walaupun setiap tahunnya mengalami
peningkatan, pada tahun 2014 dan 2015 kunjungan wisata Kabupaten Magelang
tidak menembus target yang dicanangkan oleh DISPARPORA Kabupaten
Magelang. Pada tahun 2016 kunjungan wisata Kabupaten Magelang kembali
mengalami peningkatan dan menembus target yang telah dicanangkan. Sehingga
dapat dirumuskan permasalahan yaitu “bagaimana strategi promosi yang dilakukan
oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang dalam
meningkatkan pengunjung pada tahun 2016?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan strategi
promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga
Kabupaten Magelang dalam meningkatkan jumlah wisatawan tahun 2016. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Teknik pemilihan
informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini
data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan empat langkah, yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam menjalankan kegiatan
promosi DISPARPORA Kabupaten Magelang menggunakan delapan langkah
strategis Kotler seperti mengidentifikasi pasar yang dituju, menentukan tujuan
komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, mengalokasikan
anggaran promosi, memutuskan mengenai bauran promosi, mengukur hasil
promosi dan mengkoordinasi proses komunikasi yang terintegrasi. Pada bauran
promosi DISPARPORA juga menggunakan konsep tiga instrument promosi milik
Yoeti, yaitu advertising, sales support dan public relation.