Show simple item record

dc.contributor.advisorJUNAEDI, FAJAR
dc.contributor.authorFAJRI, AHMAD
dc.date.accessioned2017-08-28T02:12:53Z
dc.date.available2017-08-28T02:12:53Z
dc.date.issued2017-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13531
dc.descriptionCampaign is a set of the communication of planning or action with a purpose to create a particular effect. With the enactment of law number 24 year 2007 about disaster management stated clearly that everyone has an authority to get education, training, counseling, and skill in disaster management at the event which is never happen disaster and the situation which have potential of the disaster. This research used descriptive qualitative which was began with the data, data reducation, presentation and analysis of the data, and conclusion. Object of the research is Disaster Management Agency Muhammadiyah (LPB) or MDMC. In this research, collecting of the data used purposive sampling technique. For several reason, collecting of the documentation by MDMC. The result of this research concluded that MDMC’s campaign strategy had purpose to educate and create communities in the school environment was already to face the hazards and threats of disaster, reducing the impact of disaster risk it self. MDMC as a campaign implementer of various activies tended to be active and directly jumped into the target of the students through campaign activies such as parades in commemorating the national disaster preparedness and disaster simulation in various schools for elementary school, junior high school, and senior high school both private and publicen_US
dc.description.abstractKampanye merupakan serangkaian langkah/tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu. Dengan diberlakukanya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, secara jelas menyatakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, penyuluhan dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, baik dalam situasi tidak terjadi bencana maupun situasi terdapat potensi bencana. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan analisis data, kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah bisa disebut dengan MDMC. Pengambilan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi yang dimiliki MDMC. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi kampanye MDMC bertujuan untuk mengedukasi dan menciptakan masyarakat di lingkungan sekolah siap menghadapi bahaya dan ancaman dari bencana, mengurangi dampak dari resiko bencana itu sendiri. MDMC sebagai pelaksana kampanye melakukan berbagai kegiatan cenderung aktif dengan secara langsung terjun ke target yaitu siswa melalui kegiatan kampanye seperti pawai dalam memperingati hari kesiapsiagaan bencana nasional dan simulasi kebencanaan di berbagai sekolah tingkat SD, SM dan SMA baik swasta maupun Negeri.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectStrategi Kampanye, Sekolah Aman Bencana. Campaign Strategy, School Safe Disasteren_US
dc.titleSTRATEGI KAMPANYE SEKOLAH AMAN BENCANA OLEH LEMBAGA PENANGGULANGAN BENCANA (LPB) MUHAMMADIYAH TAHUN 2017en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 514en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record