IbM PENINGKATAN PELAYANAN, PEMASARAN DAN KEAMANAN BAGI PENYEDIA JEEP WISATA DI KAWASAN WISATA KALIURANG
Abstract
RINGKASAN
Sejak terjadinya erupsi Merapi tahun 2010 kondisi pariwisata Kabupaten Sleman
mengalami penurunan yang cukup drastis. Demikian juga hal itu terjadi di destinasi wisata
unggulan yaitu kawasan wisata Kaliurang. Pasca erupsi Merapi Pemerintah Kabupaten
Sleman melakukan recovery image pariwisata dengan menggelar event “Sleman Bangkit”
yang berbuah cukup manis dengan mulai pulihnya kondisi pariwisata seperti semula. Sejak
mulai pulih kembali tahun 2012 memunculkan ide bagi para pemuda di Kaliurang untuk
membuat atraksi wisata berupa jeep advanture yang mengunjungi obyek wisata yang terkena
dampak erupsi Merapi atau yang muncul pasca erupsi Merapi.
Kegiatan penyediaan jeep wisata tersebut hingga sekarang telah berlangsung cukup
baik namun masih ditemui kendala antara lain : belum adanya kerja tim yang padu dalam
pemberian pelayanan kepada wisatawan, belum dipahaminya secara baik tentang pelayanan
yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dan keselamatan wisatawan, keterampilan dalam
mengoperasionalkan jeep wisata, dan belum optimalnya penggunaan internet sebagai media
promosi.
Dari permasalahan yang muncul tersebut program pengabdian masyarakat ini didesain
untuk mencari solusi berupa diadakannya outbound training untuk menumbuhkan kerjasama
tim yang solid, pelayanan pariwisata yang berorientasi pada kepuasan wisatawan, pelatihan
mengendarai yang aman dan memberi perlindungan kepada penumpang, serta pembuatan
website yang interaktif untuk dijadikan sebagai media promosi dan sekaligus untuk
pemesanan paket wisata adventure.
Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan menghasilkan luaran antara
lain: seragam yang menarik, brosur/leaflet, dan website “Kaliurang Advanture”, serta
website “Yoes Advanture”. Demikian juga sudah dilaksanakan kegiatan outbound training
untuk menambah kebersamaan dan pelatihan keterampilan berkendara agar tercipta rasa
aman bagi pengemudi maupun wisatawan.