REPRESENTASI IDENTITAS DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA IDENTITAS PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM VIDEO BLOG (VLOG) KAESANG PILOK #3, 4, DAN 22 DI YOUTUBE)
Abstract
YouTube merupakan sebuah situs website yang dirancang untuk share atau berbagi video dengan banyak konten yang ada, salah satunya adalah Video Blog atau Vlog. Siapapun bisa menciptakan konten tersendiri yang diinginkan dan dimuat dalam media YouTube. Salah satunya yang mengikuti trend ini adalah Kaesang Pangarep yang merupakan anak sulung dari Presiden Joko Widodo. Dalam Vlog Kaesang ini sosok Joko Widodo secara keseluruhan direpresentasikan sebagai identitas seorang bapak sekaligus pemimpin Indonesia. Representasi Joko Widodo sebagai bapak sekaligus pemimpin Indonesia masih harus dipertanyakan lagi seiring pemamfaatan media sosial khususnya dalam Vlog Kaesang dalam membentuk citra politik dirinya dalam masyarakat. Identitas yang ditampilkan dan yang melekat pada Joko Widodo dalam Vlog Kaesang harus dinilia dan dicermati lebih jauh lagi. Karena dalam Vlog Kaesang banyak pesan yang secara tersirat maupun secara tersurat yang ingin disampaikan kepada penonton demi kepentingan pribadi maupun sebagian kelompok yang perlu di kritisi. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dengan menggunakan teknik analisis denotasi dan konotasi yang kemudian dikatikan dengan mitos yang berkembang pada masyarakat.