Show simple item record

dc.contributor.advisorHUDIYANTO
dc.contributor.authorHANUM, FAHMI ANNISA
dc.date.accessioned2017-08-29T03:32:36Z
dc.date.available2017-08-29T03:32:36Z
dc.date.issued2017-01-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13729
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat bagi Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan analisis IFAS dan EFAS, diagram SWOT dan Matrik SWOT. Berdasarkan hasil analisis IFAS dan EFAS diperoleh kekuatan dan kelemahan Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan serta peluang dan ancaman UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Hasil akhir dari penelitian ini adalah faktor internal Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan berupa kekuatan dan kelemahan, faktor eksternal Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan berupa peluang dan ancaman serta posisi strategi Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Dengan menggunakan diagram SWOT maka dapat dilihat posisi UMKM Kipas Bambu Jipangan berada pada posisi kuadran I. Pada kuadran ini strategi yang tepat yaitu strategi pertumbuhan agresif (growth oriented strategi) dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk menghadapi MEA. Strategi terfokus pada strategi S-O yaitu mempertahankan keunikan produk guna menambah permintaan dan memperluas pasar mancanegara, meningkatkan proses produksi yang ramah lingkungan untuk menarik wisata datang ke desa wisata Jipangan, mempertahankan harga dan packaging untuk meningkatkan jumlah ekspor dan memanfaatkan pelatihan dari pemerintah untuk menciptakan inovasi produk menggunakan bahan baku yang berkualitasen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat bagi Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan analisis IFAS dan EFAS, diagram SWOT dan Matrik SWOT. Berdasarkan hasil analisis IFAS dan EFAS diperoleh kekuatan dan kelemahan Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan serta peluang dan ancaman UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Hasil akhir dari penelitian ini adalah faktor internal Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan berupa kekuatan dan kelemahan, faktor eksternal Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan berupa peluang dan ancaman serta posisi strategi Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Dengan menggunakan diagram SWOT maka dapat dilihat posisi UMKM Kipas Bambu Jipangan berada pada posisi kuadran I. Pada kuadran ini strategi yang tepat yaitu strategi pertumbuhan agresif (growth oriented strategi) dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk menghadapi MEA. Strategi terfokus pada strategi S-O yaitu mempertahankan keunikan produk guna menambah permintaan dan memperluas pasar mancanegara, meningkatkan proses produksi yang ramah lingkungan untuk menarik wisata datang ke desa wisata Jipangan, mempertahankan harga dan packaging untuk meningkatkan jumlah ekspor dan memanfaatkan pelatihan dari pemerintah untuk menciptakan inovasi produk menggunakan bahan baku yang berkualitasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFE UMYen_US
dc.subjectStrategi UMKM, FGD, SWOTen_US
dc.titleSTRATEGI BERSAING SENTRA UMKM KIPAS BAMBU DI JIPANGAN BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL DALAM MENGHADAPI EKONOMI ASEAN (MEA)en_US
dc.typeThesis SKR FE 106en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record