View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Economics Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Economics Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI BERSAING SENTRA UMKM KIPAS BAMBU DI JIPANGAN BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL DALAM MENGHADAPI EKONOMI ASEAN (MEA)

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (89.54Kb)
      BAB I (320.7Kb)
      BAB II (343.7Kb)
      BAB III (223.7Kb)
      BAB V (420.1Kb)
      BAB IV (302.3Kb)
      BAB VI (101.5Kb)
      COVER (145.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (99.65Kb)
      HALAMAN JUDUL (246.6Kb)
      LAMPIRAN (1.086Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (366.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (385.6Kb)
      Date
      2017-01-21
      Author
      HANUM, FAHMI ANNISA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat bagi Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan analisis IFAS dan EFAS, diagram SWOT dan Matrik SWOT. Berdasarkan hasil analisis IFAS dan EFAS diperoleh kekuatan dan kelemahan Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan serta peluang dan ancaman UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Hasil akhir dari penelitian ini adalah faktor internal Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan berupa kekuatan dan kelemahan, faktor eksternal Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan berupa peluang dan ancaman serta posisi strategi Sentra UMKM Kipas Bambu Jipangan dalam menghadapi MEA. Dengan menggunakan diagram SWOT maka dapat dilihat posisi UMKM Kipas Bambu Jipangan berada pada posisi kuadran I. Pada kuadran ini strategi yang tepat yaitu strategi pertumbuhan agresif (growth oriented strategi) dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk menghadapi MEA. Strategi terfokus pada strategi S-O yaitu mempertahankan keunikan produk guna menambah permintaan dan memperluas pasar mancanegara, meningkatkan proses produksi yang ramah lingkungan untuk menarik wisata datang ke desa wisata Jipangan, mempertahankan harga dan packaging untuk meningkatkan jumlah ekspor dan memanfaatkan pelatihan dari pemerintah untuk menciptakan inovasi produk menggunakan bahan baku yang berkualitas
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13729
      Collections
      • Department of Economics Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV