PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA MERPATI YOGYAKARTA
Abstract
Volume Penjualan merupakan suatu hal penting dalam suatu perusahaan. Tingkat penjualan yang tinggi menandakan bahwa perusahaan tersebut berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang baik dalam usaha menaikkan volume penjualan, salah satunya dengan strategi promosi. Dengan melakukan promosi diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada Dealer Honda Merpati Motor dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi sederhana dengan variabel volume penjualan (Y) dan biaya promosi (X). Selain itu metode analisis regresi sederhana ini diperkuat dengan uji hipotesis yang melihat perbandingan thitung dan ttabel. Populasi dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan penjualan sepeda motor dan laporan biaya promosi Dealer Merpati Motor Honda selama tahun 2015-2016.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada Dealer Merpati Motor Honda menunjukkan hasil yang tidak signifikan, yaitu biaya promosi tidak mempengaruhi volume penjualan pada Dealer Merpati Motor Honda.