dc.contributor.advisor | ISHAK, ASWAD | |
dc.contributor.author | UDIANSYAH, FAZA | |
dc.date.accessioned | 2017-09-20T08:40:28Z | |
dc.date.available | 2017-09-20T08:40:28Z | |
dc.date.issued | 2017-08-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14856 | |
dc.description | The research is aimed to know how the implementation of Integrated Marketing
Communication applied by PT. DBL Indonesia in marketing communications activities
of the Developmental Basketball League event in 2016. The research use qualitative
method with descriptive approach. The method for gathering the data is done by
collecting documents and interview. Then, to test the validity of this research data using
triangulation technique, while qualitative descriptive explanation is used as a case
study data analysis technique.
The result of the research reveals how the implementation of integrated
marketing communication conducted by Public Media Relations division of PT. DBL
Indonesia is able to increase the number of audience in the DBL event with several
factors, one of which is the use of social media as one of the IMC elements in PT. DBL
Indonesia because the target market of DBL events is high school students in particular
and young people in general and social media is also very identical with young people.
DBL's own marketing communications activities are conducted online managed by the
PMR division and offline managed by the event division.
The packaging of an interesting DBL event becomes one of the other supporting
elements of a series of IMC activities conducted by PT. DBL Indonesia in promoting
DBL. Roadshow activities to schools that managed by event division become one of the
activities that can attract viewers to DBL event because of the direct interaction
between PT. DBL Indonesia as DBL's organizer and high school students who become
DBL spectators. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi
Intergrated Marketing Communication yang dilakukan PT. DBL Indonesia dalam
aktivitas komunikasi pemasaran event Developmental Basketball League pada tahun
2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan dokumentasi
dan wawancara, kemudian untuk uji validitas data penelitian ini menggunakan teknik
triangulasi, sedangkan penjelasan deskriptif kualitatif digunakan sebagai teknik
analisis data studi kasus.
Hasil penelitian mengungkapkan bagaimana penerapan implementasi
integrated marketing communication yang dilakukan divisi Public Media Relations
PT. DBL Indonesia mampu meningkatkan jumlah penonton pada event DBL dengan
beberapa faktor, salah satunya penggunaan media sosial sebagai salah satu dari elemen
IMC yang ada di PT. DBL Indonesia karena target pasar event DBL adalah pelajar
tingkat pelajar SMA pada khususnya dan anak muda pada umumnya dan media sosial
juga sangat identik dengan anak muda. Kegiatan komunikasi pemasaran DBL sendiri
dilakukan secara online yang dikelola oleh divisi PMR dan offline yang dikelola oleh
divisi event.
Pengemasan event DBL yang menarik menjadi salah satu elemen pendukung
lainnya dari serangkaian kegiatan IMC yang dilakukan PT. DBL Indonesia dalam
mempromosikan DBL. Kegiatan Roadshow ke sekolah - sekolah yang kelola divisi
event menjadi salah satu aktivitas yang dapat menarik minat penonton akan event DBL
karena adanya interaksi secara langsung antara PT. DBL Indonesia sebagai
penyelenggara DBL dan para siswa SMA yang menjadi calon penonton DBL. | en_US |
dc.publisher | FISIP UMY | en_US |
dc.subject | IMC, komunikasi pemasaran, event DBL. IMC, marketing communication, DBL event | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENONTON PADA EVENT DEVELOPMENTAL BASKETBALL LEAGUE PT. DBL INDONESIA TAHUN 2016 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
509 | en_US |