IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENONTON PADA EVENT DEVELOPMENTAL BASKETBALL LEAGUE PT. DBL INDONESIA TAHUN 2016
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi
Intergrated Marketing Communication yang dilakukan PT. DBL Indonesia dalam
aktivitas komunikasi pemasaran event Developmental Basketball League pada tahun
2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan dokumentasi
dan wawancara, kemudian untuk uji validitas data penelitian ini menggunakan teknik
triangulasi, sedangkan penjelasan deskriptif kualitatif digunakan sebagai teknik
analisis data studi kasus.
Hasil penelitian mengungkapkan bagaimana penerapan implementasi
integrated marketing communication yang dilakukan divisi Public Media Relations
PT. DBL Indonesia mampu meningkatkan jumlah penonton pada event DBL dengan
beberapa faktor, salah satunya penggunaan media sosial sebagai salah satu dari elemen
IMC yang ada di PT. DBL Indonesia karena target pasar event DBL adalah pelajar
tingkat pelajar SMA pada khususnya dan anak muda pada umumnya dan media sosial
juga sangat identik dengan anak muda. Kegiatan komunikasi pemasaran DBL sendiri
dilakukan secara online yang dikelola oleh divisi PMR dan offline yang dikelola oleh
divisi event.
Pengemasan event DBL yang menarik menjadi salah satu elemen pendukung
lainnya dari serangkaian kegiatan IMC yang dilakukan PT. DBL Indonesia dalam
mempromosikan DBL. Kegiatan Roadshow ke sekolah - sekolah yang kelola divisi
event menjadi salah satu aktivitas yang dapat menarik minat penonton akan event DBL
karena adanya interaksi secara langsung antara PT. DBL Indonesia sebagai
penyelenggara DBL dan para siswa SMA yang menjadi calon penonton DBL.