dc.contributor.advisor | SUCIATI, SUCIATI | |
dc.contributor.author | PRATIWI, DIAN | |
dc.date.accessioned | 2017-09-22T07:36:21Z | |
dc.date.available | 2017-09-22T07:36:21Z | |
dc.date.issued | 2017-08-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14976 | |
dc.description | Yogyakarta 92,3 MQFM Radio as moslem family radio have to do an
appropriate positioning strategy so that it has a special characteristic is different
from the other radio station. For example, there should be station identity, logo,
broadcasting and program style, and positioning. Positioning is an important thing
in the establishment of a radio station so that it can keep surviving and existing in
a very competitive situation.
The objectives of the research were to (1) find out how the positioning
strategy of 92,3 FM Manajemen Qolbu radio as moslem familyradio in
Yogyakarta was. (2) find out the supportingand obstructing factors in the
implementation process of positioning strategy. (3) find out the perception of the
listeners about the positioning of Yogyakarta 92,3 FM Manajemen Qolbu radio.
the research was descriptive qualitative in nature. The informants interviewed by
the researcher as the data source of the research were the Operational Director,
Progarm Director, Broadcaster and listener.
The object of the research was the positionnig strategy of 92,3 FM
Manajemen Qolbu radio as moslem family radio in Yogyakarta. The research was
conducted in yogyakarta 92,3 FM Manajemen Qolbu radio, in North Ring Road,
Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Grha Stimik Amikom Yogyakarta
Building 1, 2 floor. The data collection techniques used in the research were
interview and documentation study. To test the validity of the data used was the
triangulation technique. The result of the research was that the positioning
strategies conducted by yogyakarta 92,3 FM Manajemen Qolbu radio were using
slogan, station identity, and creativity of the leading program | en_US |
dc.description.abstract | Radio 92,3 MQFM Yogyakarta sebagai radio keluarga muslim perlu
melalukan sebuah strategi postioning yang tepat agar memiliki ciri khas dan
berbeda dengan stasiun radio lainya, misalkan dengan cara stasiun identity, logo,
gaya siaran dan program acara, positioning merupakan hal yang penting dalam
berdirinya sebuah stasiun radio agar dapat terus bertahan dan tetap eksis dalam
siatuasi yang sangat kompetitif.
tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana strategi
positioning radio Manajemen Qolbu 92,3 FM sebagai radio keluarga muslim di
Yogyakarta. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
proses pelaksanaan strategi postioning. (3) untuk mengetahui tanggapan
pendengar mengenai postioning radio Manajemen Qolbu 92,3 FM Yogyakarta.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang diwawancarai
peneliti sebagai sumber data penelitian ini yaitu Direktur Operasional, Program
Director, Penyiar dan pendengar.
Obyek penelitian ini adalah strategi positioning radio Manajemen Qolbu
92,3 FM sebagai radio keluarga muslim di Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di
Radio Manajmen Qolbu 92,3 FM Yogyakarta, yang beralamatkan di Jl. Ringroad
Utara , Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Grha Stimik Amikom
Yogyakarta Gedung 1 lantai 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wawancara (interview) dan studi dokumentasi. Untuk
menguji keabsahan data yang digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini
adalah strategi postioning yang dilakukan oleh Radio Manajemen Qolbu 92,3 FM
Yogyakarta menggunakan, slogan, stasiun identity dan kreatifitas acara unggulan. | en_US |
dc.publisher | FISIP UMY | en_US |
dc.subject | Strategi positioning, Radio 92,3 MQFM Yogyakarta, Stasiun identity. positioning startegy, Yogyakarta 92,3 FM Manajemen Qolbu radio, station identity | en_US |
dc.title | STRATEGI POSITIONING RADIO MANAJEMEN QOLBU 92,3 FM SEBAGAI RADIO KELUARGA MUSLIM DI YOGYAKARTA PERIODE 2016 - 2017 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
522 | en_US |