dc.contributor.advisor | FAJAR, MUKTI | |
dc.contributor.advisor | WAHYU M, DANANG | |
dc.contributor.author | RR ASTA FIRLANY, RR ASTA GHERBY | |
dc.date.accessioned | 2017-09-26T02:59:42Z | |
dc.date.available | 2017-09-26T02:59:42Z | |
dc.date.issued | 2017-08-26 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15063 | |
dc.description.abstract | Karya Ilmiah yang berjudul “Kedudukan Iklan Dalam Perjanjian Jual Beli Rumah”
yang dilatar belakangi oleh permasalahanya yaitu seberapa mengikatnya iklan
terhadap produsen atau pengembang. Iklan mempunyai kekuatan hukum yang
mengikat atas dasar janji yang ditawarkan oleh produsen atau pengembang.
UU No. 8 Tahun 1999 telah menekankan bahwa asas itikad baik memang sudah harus
ada dan diterapkan di dalam tahap prakontraktual, pengembang dituntut untuk
memiliki itikad baik terhadap konsumen ketika menawarkan, mempromosikan
ataupun menyebarluaskan informasi atas suatu barang dan/atau jasa melalui iklan.
Penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis
normatif yaitu penelitian yang mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat
dalam peraturan perundang-undangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kekuatan mengikat atau tidaknya iklan terhadap pengembang dalam perjanjian jual
beli rumah. Dalam penelitian ini juga akan dibahas upaya hukum yang dapat
dilakukan oleh konsumen untuk mendapatkan haknya memperoleh rumah sesuai
dengan iklan yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaIklan memiliki kekuatan hukum yang mengikat
yang timbul baik didasarkan pada iklan sebagai sebuah bentuk penawaran maupun
mengikat atas dasar ketentuan di dalam UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan
Konsumen dan penerapan asas itikad baik pada tahap prakontraktual. | en_US |
dc.publisher | FH UMY | en_US |
dc.subject | Iklan, Perjanjian, Jual Beli | en_US |
dc.title | KEDUDUKAN IKLAN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F H
212 | en_US |