Show simple item record

dc.contributor.advisorSANTOSA, DWI
dc.contributor.authorNAJA, AHLUN
dc.date.accessioned2017-09-27T02:27:24Z
dc.date.available2017-09-27T02:27:24Z
dc.date.issued2017-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15091
dc.descriptionThis research aims to discover the effect of intensity of reciting Al-Qur’an towards emotional intelligence of grade X students in SMK Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta. This research used quantitative descriptive research method. The data gathering methods were questionnaire, observation, interview and documentation. The data analysis used classical assumption test data analysis technique and simple linear regression. The data analysis used product moment analysis formula using SPSS program. The result of this research shows that the intensity of reciting Al-Qur’an in SMK Muhammadiyah Gamping is categorized as “often” with the mean of 34.84. The level of emotional intelligence of the students in SMK Muhammadiyah Gamping is categorized as “good” with the mean of 43.09. The result shows that there is an effect between the intensity of reciting Al-Qur’an towards the emotional intelligence of the grade X students in SMK Muhammadiyah Gamping of academic year 2016/2017 with the percentage of 36.8% and r value = 0.607 with the significance level of 5% (r table = 0.344). Then r value 0.0607 > r table 0.344. Therefore, the result is significant and the hypothesis is accepted.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data uji asumsi klasik dan regresi linier sederhana. Analisis data menggunakan rumus analisis product moment dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Gamping berada pada kategori “sering” dengan rata-rata 34,84. Kemudian tingkat kecerdasan emosional siswa di SMK Muhammadiyah Gamping berada pada kategori “baik” dengan rata-rata 43,09. Penelitian ini menghasilkan gambaran bahwa ada pengaruh antara intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Gamping tahun ajaran 2016/2017 dengan presentase sebesar 36,8% dengan nilai r = 0,607 dengan tingkat signifikan 5% (r tabel = 0,344). Maka nilai r 0,607 > r tabel 0,344. Oleh karena itu hasilnya siginifikan dan hipotesis diterimaen_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectIntensitas membaca Al-Qur’an, Kecerdasan emosional.Keywords: intensity of reciting Al-Qur’an, emotional intelligenceen_US
dc.titlePENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPINGen_US
dc.typeThesis SKR FAI 373en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record