PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH GAMPING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data uji asumsi klasik dan regresi linier sederhana. Analisis data menggunakan rumus analisis product moment dengan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas membaca Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Gamping berada pada kategori “sering” dengan rata-rata 34,84. Kemudian tingkat kecerdasan emosional siswa di SMK Muhammadiyah Gamping berada pada kategori “baik” dengan rata-rata 43,09. Penelitian ini menghasilkan gambaran bahwa ada pengaruh antara intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Gamping tahun ajaran 2016/2017 dengan presentase sebesar 36,8% dengan nilai r = 0,607 dengan tingkat signifikan 5% (r tabel = 0,344). Maka nilai r 0,607 > r tabel 0,344. Oleh karena itu hasilnya siginifikan dan hipotesis diterima