IMPLEMENTASI KONSEP PARENTING MENURUT MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep parenting menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. 2) Mengetahui perkembangan psikologi anak usia dini. 3) Mengetahui implementasi konsep parenting menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid pada pendidikan anak usia dini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan kualitatif. Sumber primer yang diguanakan dalam penelitian ini adalah buku Prophetic Parenting: Cara Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam Mendidik Anak. Diterbitkan oleh Pro-U Media, Yogyakarta. Sedangkan sumber sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku, seperti: Positif Parenting, Menyambut Buah Hati, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Psikologi Dunia Anak Usia Dini, dan buku-buku lainnya, serta jurnal, artikel, majalah, penelitian-penelitian, kajian-kajian, website dan data lain yang berkaitan dan dapat mendukung penelitian ini.Metode pengumpulan data yang diguakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Miles dan Huberman, yang melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1). Konsep parenting menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid,. Perenting yang diberikan kepada anak, tidak hanya pendidikan akal saja namun juga harus memberikan pendidikan pada jiwa anak. 2). Pendidikan anak usia dini harus disampaikan sesuia dengan aspek-aspek perkembangan psikologinya. 3). Implementasi konsep parenting menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid pada mendidik anak usia dini, dapat dilakukan melalui: tidak membebani anak, belajar dengan permainan, memberikan hadiah, berbicara dengan baik, dan memberikan suri teladan yang baik pada anak.