STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBENTUKKAN AKHLAK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB C DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk penerapan akhlak siswa di SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. 2) untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pembentukkan akhlak siswa SD SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. 3) untuk mengetahui hasil strategi guru PAI SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta dalam pembentukkan akhlak siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menemukan 1) penerapan akhlak siswa di SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta, dengan kerjasa semua warga sekolah menekankan pada hal-hal yang sederhana yang seringkali tidak dilakukan oleh kebanyakan orang normal lainnya. 2) strategi guru dalam pembentukkan akhlak siswa SD SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta, melalui metode pengulangan dan pembiasaan. 3) hasil strategi Guru PAI dalam pembentukan akhlak siswa penyandang tunagrahita di SD SLB C Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta