PENGEMBANGAN FITUR REPORTING DATA PADA SISTEM ASSESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESSMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Abstract
Dalam pentingnya merekap hasil try out masuk perguruan tinggi,karena rekap hasil asesmen yang telah dilalui dapat membantu siswa mengevaluasi tingkat pemahan materi ajar. Suatu sistem otomatis yang mampu membantu siswa dan guru dalam melakukan proses perekapan dan pemetaan hasil asesmen berbabis tag atau bab, dapat membantu siswa dalam proses evaluasi dan penyusunan strategi pembelajaran.
Melihat pentingnya proses perekapan dan pemetaan hasil asesmen dalam proses evaluasi serta melihat proses penyimpanan masih kurang efektif, seperti penyimpan masih secara manual, tidak dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan secara efektif, dan tidak dapat mengetahui progress mereka secara efektif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem reporting data yang mampu mengolah data nilai yang berguna untuk perekapan nilai-nilai ujian siswa, sistem reporting yang dapat menentukan kelemahan dan kelebihan siswa, dan sistem reporting yang membantu guru untuk melakukan analisis hasil asesmen yang dilakukan oleh siswanya.
Dengan adanya fitur reporting dalam aplikasi, dapat membantu siswa dan guru dalam memecahkan kelemahan dan dapat membantu menampilkan progres hasil ujian secara efektif.