KEEFEKTIFAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
Abstract
Penelitian ini berjudul keefektifan media word square dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar bahasa Jepang menggunakan media word square. Subjek penelitian yaitu Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tingkat I tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 22 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sehingga dalam penelitian ini subjek penelitian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil data diolah secara statistik dengan menggunakan uji 𝑡hitung dan uji normalized gain untuk mengetahui signifikansi penguasaan kosakata kedua kelompok penelitian.
Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh nilai 𝑡hitung = 1,07. Angka tersebut kemudian dibandingkan dengan 𝑡tabel dengan taraf signifikansi sebesar 5%, dan derajat bebas sebesar (db = (11 + 11) – 1 = 21). Pada tabel, nilai 𝑡tabel dengan db 21 = 2,08. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 𝑡hitung = 1,07 < 𝑡tabel = 2,08 sehingga 𝐻k ditolak dan 𝐻0 diterima. Dengan kata lain, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan rata-rata yang diperoleh melalui normalized gain pada kelas eksperimen adalah 0,92. Angka tersebut menunjukkan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan media word square sangat efektif. Sedangkan pada kelas kontrol juga memiliki kriteria keefektifan sebesar 0,73 dan dapat dikatakan sangat efektif.
Berdasarkan hasil analisis angket, respons mahasiswa mengenai media word square yaitu media word square menyenangkan, membuat bersemangat serta bagus dan efektif dalam pembelajaran dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang.