Show simple item record

dc.contributor.advisorWALIYANTI, EMA
dc.contributor.authorRATNASARI, ANISA
dc.date.accessioned2017-10-30T03:47:34Z
dc.date.available2017-10-30T03:47:34Z
dc.date.issued2017-06-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15615
dc.description.abstractMedia pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik maupun mahasiswa. Penggunaan media pembelajaran saat ini sangat bervariasi sehingga dibutuhkan pemilihan media pembelajaran yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah penyampaian materi dan meningkatkan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan correlative melalui pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebanyak 91 mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan menggunakan analisa data chi square. Hasil: Penelitian ini penggunaan media pembelajaran dalam kategori tidak menarik (57.1%) dan konsentrasi belajar mahasiswa dalam kategori buruk (54.9%). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara media pembelajaran dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan nilai p=0.006. Kesimpulan: Semakin menarik penggunaan media pembelajaran, maka akan semakin baik konsentrasi belajar mahasiswa sehingga pendidik harus dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik agar dapat meningkatkan konsentrsi belajar mahasiswa.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKonsentrasi belajaren_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.titleHUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 307en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record