View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (97.70Kb)
      HALAMAN JUDUL (272.8Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (212.0Kb)
      ABSTRAK (179.0Kb)
      BAB I (286.1Kb)
      BAB II (341.9Kb)
      BAB III (468.2Kb)
      BAB IV (127.0Kb)
      BAB V (9.403Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (208.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (589.1Kb)
      LAMPIRAN (1.653Mb)
      Date
      2017-06-22
      Author
      RATNASARI, ANISA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Media pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik maupun mahasiswa. Penggunaan media pembelajaran saat ini sangat bervariasi sehingga dibutuhkan pemilihan media pembelajaran yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah penyampaian materi dan meningkatkan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan correlative melalui pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebanyak 91 mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan menggunakan analisa data chi square. Hasil: Penelitian ini penggunaan media pembelajaran dalam kategori tidak menarik (57.1%) dan konsentrasi belajar mahasiswa dalam kategori buruk (54.9%). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara media pembelajaran dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan nilai p=0.006. Kesimpulan: Semakin menarik penggunaan media pembelajaran, maka akan semakin baik konsentrasi belajar mahasiswa sehingga pendidik harus dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik agar dapat meningkatkan konsentrsi belajar mahasiswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15615
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV