FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Konsentrasi berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar, apabila seseorang mengalami kesulitan konsentrasi didalamnya, maka proses belajar tidak optimal. Konsentrasi adalah usaha seseorang untuk memfokuskan perhatian terhadap suatu objek, sehingga dapat dipahami dan meminimalisir perhatian yang terpecah. Penelitian ini dilakukan karena terdapat mahasiswa yang tidak konsentrasi ketika proses belajar.
Tujuan Penelitian: Untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi pada mahasiswa PSIK UMY.
Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diambil menggunakan teknik Focus Group Discussion (FGD), wawancara mendalam dan observasi. Informan ditentukan dengan purposive sampling sebanyak 27 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen PSIK UMY. Validasi data diperoleh dari triangulasi metode, sumber dan peerthebreafing. Analisis data dibantu dengan menggunakan open code 4.02.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi pada mahasiswa PSIK UMY terdiri dari kondisi fisik meliputi kelelahan, sakit, rasa lapar, insomnia dan menstruasi. Kondisi psikologis meliputi motivasi, suasana hati, dukungan keluarga dan trauma masa lalu. Atmosfer pembelajaran meliputi persepsi mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa, posisi duduk, pengaruh teman, kepadatan jadwal kuliah, durasi waktu kuliah, sarana dan prasarana, media pembelajaran dan penggunaan handphone dan masalah keuangan.
Kesimpulan: Faktor-faktor yang mempengaruhi konsnetrasi belajar pada mahasiswa PSIK UMY adalah kondisi fisik, kondisi psikologis, atmosfer pembelajaran dan masalah keuangan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa menggali lagi faktor-faktor lain yang mempengaruhi konsentrasi belajar dengan metode yang bervariasi.