View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA INTEGRASI MATERI FIQH DAN SAINS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (29.42Kb)
      HALAMAN JUDUL (394.1Kb)
      ABSTRAK (84.46Kb)
      BAB I (29.35Kb)
      BAB II (486.8Kb)
      BAB III (353.4Kb)
      BAB IV (786.6Kb)
      BAB V (157.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (114.0Kb)
      LAMPIRAN (146.4Kb)
      Date
      2017-07-28
      Author
      ARIYANI, VILDA AYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan materi Fikih kelas X Agama pada integrasi Sains (2) untuk menjelaskan dan menganalisis pembelajaran Fikih kelas X Agama pada integrasi Fikih dan sains (3) untuk menguraikan dan menganalisis efektivitas pembelajaran Fikih kelas X Agama pada integrasi Fikih dan sains di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Fikih kelas X dan XI jurusan Agama dan Siswa kelas X Agama. Metode pengumpulan data, diantaranya : (1) Wawancara (2) Observasi (3) Dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Materi-materi Fikih kelas X Jurusan Agama sudah diintegrasikan dengan sains dan teknologi pada saat diajarkan di kelas, akan tetapi tidak semua materi pelajaran Fikih kelas X jurusan Agama diintegrasikan dengan sains dan teknologi, serta Guru Fikih dalam mengajarkan materi pelajaran kepada siswa pada integrasi sains dan teknologi belum membuat dalam dokumen Guru yang berupa silabus dan RPP, dan masih bersifat pemikiran guru ketika mengajarkan materi Fikih tersebut. (2) Adapun pembelajaran Fikih kelas X Jurusan Agama pada integrasi Fikih dan sains yaitu dalam mengajarkan materi kepada siswa, guru menggunakan metode diantaranya: tanya jawab/dialog, ceramah, dan demonstrasi, serta penggunaan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yaitu media powertpoint dan papan tulis, adapun interaksi yang baik antara Guru dan siswa yaitu baik dalam proses pembelajaran maupun di lingkungan Madrasah. Pada kegiatan pembelajaran Fikih kelas X Agama, guru selalu memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang diajarkan, memberikan contoh nyata saat ini yang diintegrasikan dengan aspek sains, dan pada akhir pembelajaran guru menutup pembelajaran dengan memberikan cerita menarik dan dengan evaluasi setelah menjelaskan materi. (3) Efektivitas pembelajaran pada integrasi Fikih dan sains terlihat dari motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran baik, yang terlihat ketika menerima materi pelajaran di kelas siswa terlihat fokus, selalu bertanya pada guru akan materi yang diajarkan yang diintegrasikan dengan sains, dan siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran, selain efektif dari segi motivasi siswa adapun efektif dari segi cara guru mengajarkan materi kepada siswa, dan hasil belajar siswa sudah cukup baik yang terlihat dari nilai ulangan harian, UTS, dan UAS.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15695
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV