View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS HAFALAN AL-QUR’AN MODEL SIMA’I DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN YATIM NURANI INSANI SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (144.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (214.5Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (17.85Mb)
      ABSTRAK (183.5Kb)
      BAB I (221.3Kb)
      BAB II (226.2Kb)
      BAB III (198.6Kb)
      BAB IV (363.4Kb)
      BAB V (195.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (130.1Kb)
      LAMPIRAN (462.6Kb)
      Date
      2017
      Author
      HIDAYATULLAH, MUKMINUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Skripsi ini berjudul Efektivitas Hafalan Al-Qur’an Model Sima’i di Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Nurani Insani Sleman, yang bertujuan untuk menjelaskan penerapan model sima’idalam menghafal Al-Qur’an, efektivitas Model Sima’i Dalam Menghafal Al-Qur’an dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat keberhasilan model sima’i dalam menghafal Al-Qur’an di Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Nurani Insani Sleman. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan efektivitas hafalan Al-Qur’an model sima’i seperti Pimpinan Pesantren, Guru Tahfidz Al-Qur’an, serta para santri tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, Analisis data kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan Efektivitas Hafalan Al-Qur’an Model Sima’i di Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Nurani Insani Sleman. Kemudian di reduksi dan diverifikasi kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Pelaksanaan hafalan Al-Qur’an model sima’i di Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Nurani insani Sleman adalah seorang ustadz/guru membacakan bacaan Al-Qur’an bersama-sama, suatu ayat dibacakan oleh ustadz secara berulang-ulang sebanyak 10 kali, kemudian santri dites hafalan ayat tersebut satu persatu dan setelah hafal baru pindah ke ayat yang lain. (2). Efektivitas penerapan model sima’i di Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Nurani Insani Sleman ditinjau dari teori efektivitas yang membandingkan tujuan dan hasilnya sudah tergolong efektif ini dibuktikan dengan output dari program hafalan Al-Qur’an tersebut telah hafal 30 juz dalam jangka waktu kurang lebih enam tahun bahkan ada yang hafal 30 juz dalam waktu dua tahun satu bulan. (3). Faktor pendukung penerapan model sima’i dalam hafalan Al-Qur’an di Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Nurani Sleman adalah semangat santri dalam menghafal Al-Qur’an, lengkapnya sarana dan prasarana dan guru tahfidz yang sudah hafal tiga puluh juz Al-Qur’an. Faktor penghambatnya adalah santri tidak lancar membaca Al-Qur’an, kurangnya waktu dan kurangnya jumlah guru tahfidz Al-Qur’an.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15743
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV