PERAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DALAM PERILAKU BERBUSANA MUSLIMAH PADA REMAJA
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi membawa dampak tersendiri di dalam kehidupan sosial di masyarakat. Adanya media sosial, Instagram khususnya merupakan sebuah terobosan baru untuk saling terhubung satu sama lain. Instagram memiliki peran tersendiri salah satunya terdapat pada perubahan fashion yang semakin hari semakin berkembang. Komunitas Hijabers Semarang merupakan salah satu komunitas yang menggunakan Instagram sebagai media penghubung bagi pengurus dan anggotanya. Adanya akun Instagram memudahkan pengurus untuk menganjurkan anggota untuk selalu menggunakan busana syar’i. Dari tersebut peneliti ingin mengetahui sejauh mana peran Instagram milik Komunitas Hijabers Semarang dalam model berbusana anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara yang mendalam didapatkan hasil bahwa instagram memiliki peran dalam mengubah pola berbusana anggota seperti penggunaan rok, jilbab yang menutupi dada, kaus kaki, baju yang tidak ketat dan berbahan tipis. Selain instagram, pengurus juga berperan dalam menganjuran berbusana dengan menerapkan prinsip Qudwah Hasanah atau menjadi tauladan yang baik bagi para anggotanya.