Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorFURQONI, FIKRI CAHYA
dc.date.accessioned2017-11-11T02:48:13Z
dc.date.available2017-11-11T02:48:13Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15896
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemikiran Al-Ghazali dengan Ibnu Khaldun tentang manusia dan bagaimana korelasi dari kedua tokoh tersebut juga implikasi dari pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Khaldun dalam perumusan pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research), dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah hermeneutika. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder. Data dianalisis menggunakan analisis wacana kritis. Hasilnya menunjukan bahwa ada korelasi dari pemikiran Al-Ghazali dengan Ibnu Khaldun tentang manusia dan implementasinya terhadap pendidikan Agama Islam. Hal ini ditunjukkan dengan hasil (1) Manusia dalam pandagan Al-Ghazali dan Ibnu Khaldun adalah makhluk yang berbeda dengan makhluk lainnya (2) manusia adalah makhluk berfikir (3) manusia dibekali Tuhan dengan berbagai potensi (4) pendidikan Islam yang dimaksud kedua tokoh tersebut adalah bertujuan untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam dengan memerhatikan kurikulum pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, metode pembelajaran, materi pembelajaran Islam, model pembelajaran pendidkan Islam.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectManusiaen_US
dc.subjectIbnu Khaldunen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKorelasien_US
dc.subjectAl-Ghazalien_US
dc.titleKORELASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DENGAN IBNU KHALDUN TENTANG MANUSIA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAMen_US
dc.typeThesis SKR FAI 329en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record