View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KORELASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DENGAN IBNU KHALDUN TENTANG MANUSIA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (163.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (487.9Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (268.3Kb)
      ABSTRAK (85.99Kb)
      BAB I (169.3Kb)
      BAB II (254.8Kb)
      BAB III (237.1Kb)
      BAB IV (363.9Kb)
      BAB V (211.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (218.0Kb)
      LAMPIRAN (97.07Kb)
      Date
      2017
      Author
      FURQONI, FIKRI CAHYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemikiran Al-Ghazali dengan Ibnu Khaldun tentang manusia dan bagaimana korelasi dari kedua tokoh tersebut juga implikasi dari pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Khaldun dalam perumusan pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research), dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah hermeneutika. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder. Data dianalisis menggunakan analisis wacana kritis. Hasilnya menunjukan bahwa ada korelasi dari pemikiran Al-Ghazali dengan Ibnu Khaldun tentang manusia dan implementasinya terhadap pendidikan Agama Islam. Hal ini ditunjukkan dengan hasil (1) Manusia dalam pandagan Al-Ghazali dan Ibnu Khaldun adalah makhluk yang berbeda dengan makhluk lainnya (2) manusia adalah makhluk berfikir (3) manusia dibekali Tuhan dengan berbagai potensi (4) pendidikan Islam yang dimaksud kedua tokoh tersebut adalah bertujuan untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam dengan memerhatikan kurikulum pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, metode pembelajaran, materi pembelajaran Islam, model pembelajaran pendidkan Islam.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15896
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV