STRATEGI PROMOSI PT. JASARAHARJA PUTERA JAKARTA DALAM MENARIK MINAT CALON NASABAH TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan strategi promosi PT. Jasaraharja Putera dalam menarik minat calon nasabah tahun 2016. Sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia, Jasaraharja Putera selalu melakukan strategi promosi di setiap tahunnya agar mampu bersaing dengan kompetitor dan menjadi yang paling terdepan. Dalam mempromosikan produknya, Jasaraharja Putera menggunakan elemen-elemen integrated marketing communication sebagai sarana mengkomunikasikan pesan promosi mereka kepada target audience, di tengah kondisi menurunnya laba di industri perasuransian Indonesia dan juga menurunnya jumlah nasabah asuransi Jasaraharja Putera. Promosi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat nasabah dan juga meningkatkan brand awareness.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini akan mengumpulkan informasi, mengidentifikasi, mendeskripsikan, menggambarkan dan mengevaluasi segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dan juga dokumentasi, sedangkan teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Selain itu, untuk teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas reduksi data, data display, dan juga conclusion drawing. Lalu untuk validitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Jasaraharja Putera terdiri dari perencanaan promosi, pelaksanaan bauran promosi, dan juga evaluasi. Proses perencanaan dilakukan sesuai dengan tujuan promosi, yaitu menarik minat nasabah dan meningkatkan brand awareness. Lalu untuk pelaksanaan, Jasaraharja Putera menggunakan hampir semua elemen dari IMC, tapi sebagian besar promosi tersebut menggunakan periklanan. Sedangkan untuk evaluasi, Jasaraharja Putera mengadakan rapat dan menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis seluruh proses kegiatan strategi promosi.