dc.contributor.advisor | ISMAIL, GHOFFAR | |
dc.contributor.author | AHMAD, ZAKARIA | |
dc.date.accessioned | 2017-11-13T02:53:01Z | |
dc.date.available | 2017-11-13T02:53:01Z | |
dc.date.issued | 2017-08-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15946 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran al-Ghazali tentang ṭahārah dan nilai-nilai pendidikan ṭahārah dalam kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn karya al-Ghazali.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua macam yaitu sumber primer dan sekunder. sumber primer dalam penelitian ini adalah Kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn karya al-Ghazali. Sedangkan sumber sekunder buku-buku yang mendukung dalam penelitian tentang ṭahārah. Metode analisis data berupa analisa data dengan menggunakan analisis isi (content analysis).
Pemikiran al-Ghazali tentang Ṭahārah lebih ditekankan kepada tujuan batin dari pensyariatan Ṭahārah yaitu membersihkan segala rahasia hati. Ṭahārah mempunyai beberapa tingkatan sebagai berikut: pertama, menyucikan ẓāhir dari segala hadas, kotoran dan benda yang menjijikkan. Kedua, menyucikan anggota badan dari segala perbuatan buruk dan dosa. Ketiga, menyucikan hati dari segala budi pekerti yang buruk dan sifat-sifat yang tercela. Keempat, menyucikan sirr (rahasia atau batin) dari sesuatu selain dari Allah SWT yaitu: bersucinya para Nabi as dan ṣiddīqīn.
Nilai-nilai pendidikan Ṭahārah dalam ihya ulumuddin karya al-Ghazali meliputi dua dimensi nilai: pertama, nilai Ilahiyah atau ketuhanan berupa keimanan, ihsan dan tawakkal. Kedua, nilai insaniyah atau kemanusian berupa sifat malu, tidak berlebih-lebihan, memudahkan, hidup bersih dan kesehatan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran al-Ghazali tentang ṭahārah dan nilai-nilai pendidikan ṭahārah dalam kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn karya al-Ghazali.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua macam yaitu sumber primer dan sekunder. sumber primer dalam penelitian ini adalah Kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn karya al-Ghazali. Sedangkan sumber sekunder buku-buku yang mendukung dalam penelitian tentang ṭahārah. Metode analisis data berupa analisa data dengan menggunakan analisis isi (content analysis).
Pemikiran al-Ghazali tentang Ṭahārah lebih ditekankan kepada tujuan batin dari pensyariatan Ṭahārah yaitu membersihkan segala rahasia hati. Ṭahārah mempunyai beberapa tingkatan sebagai berikut: pertama, menyucikan ẓāhir dari segala hadas, kotoran dan benda yang menjijikkan. Kedua, menyucikan anggota badan dari segala perbuatan buruk dan dosa. Ketiga, menyucikan hati dari segala budi pekerti yang buruk dan sifat-sifat yang tercela. Keempat, menyucikan sirr (rahasia atau batin) dari sesuatu selain dari Allah SWT yaitu: bersucinya para Nabi as dan ṣiddīqīn.
Nilai-nilai pendidikan Ṭahārah dalam ihya ulumuddin karya al-Ghazali meliputi dua dimensi nilai: pertama, nilai Ilahiyah atau ketuhanan berupa keimanan, ihsan dan tawakkal. Kedua, nilai insaniyah atau kemanusian berupa sifat malu, tidak berlebih-lebihan, memudahkan, hidup bersih dan kesehatan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UMY | en_US |
dc.subject | Nilai-nilai Pendidikan, Ṭahārah, Kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn karya al-Ghazali | en_US |
dc.title | NILAI-NILAI PENDIDIKAN ṬAHĀRAH (Telaah Kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn Karya al-Ghazali) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
402 | en_US |