View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      NILAI-NILAI PENDIDIKAN ṬAHĀRAH (Telaah Kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn Karya al-Ghazali)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (88.98Kb)
      HALAMAN JUDUL (416.7Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (202.7Kb)
      ABSTRAK (161.4Kb)
      BAB I (474.9Kb)
      BAB II (319.3Kb)
      BAB III (92.15Kb)
      BAB IV (796.0Kb)
      BAB V (261.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (214.1Kb)
      Date
      2017-08-29
      Author
      AHMAD, ZAKARIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran al-Ghazali tentang ṭahārah dan nilai-nilai pendidikan ṭahārah dalam kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn karya al-Ghazali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua macam yaitu sumber primer dan sekunder. sumber primer dalam penelitian ini adalah Kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn karya al-Ghazali. Sedangkan sumber sekunder buku-buku yang mendukung dalam penelitian tentang ṭahārah. Metode analisis data berupa analisa data dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Pemikiran al-Ghazali tentang Ṭahārah lebih ditekankan kepada tujuan batin dari pensyariatan Ṭahārah yaitu membersihkan segala rahasia hati. Ṭahārah mempunyai beberapa tingkatan sebagai berikut: pertama, menyucikan ẓāhir dari segala hadas, kotoran dan benda yang menjijikkan. Kedua, menyucikan anggota badan dari segala perbuatan buruk dan dosa. Ketiga, menyucikan hati dari segala budi pekerti yang buruk dan sifat-sifat yang tercela. Keempat, menyucikan sirr (rahasia atau batin) dari sesuatu selain dari Allah SWT yaitu: bersucinya para Nabi as dan ṣiddīqīn. Nilai-nilai pendidikan Ṭahārah dalam ihya ulumuddin karya al-Ghazali meliputi dua dimensi nilai: pertama, nilai Ilahiyah atau ketuhanan berupa keimanan, ihsan dan tawakkal. Kedua, nilai insaniyah atau kemanusian berupa sifat malu, tidak berlebih-lebihan, memudahkan, hidup bersih dan kesehatan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15946
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV