dc.contributor.advisor | ISHAK, ASWAD | |
dc.contributor.author | CORNELLYA, INDAH MAYA | |
dc.date.accessioned | 2017-11-14T02:20:45Z | |
dc.date.available | 2017-11-14T02:20:45Z | |
dc.date.issued | 2017-08-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16015 | |
dc.description | Persaingan bisnis jasa dalam bidang rumah sakit semakin ketat membuat para
pelaku bisnis jasa memikirkan strategi untuk memaksimalkan pemasarannya
untuk meluncurkan sebuah perusahaan jasa yang mempunyai tipe paling bawah
yang dapat menarik hati masyarakat. Penelitian ini, menganalisis strategi
komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa, dalam hal ini adalah bagaimana
memperluas pasar tahun 2016 dengan cara mendeskripsikan strategi komunikasi
pemasaran RSU Queen Latifa serta bagaimana implementasi dari kegiatan
komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa. Kerangkan teori yang digunakan
adalah komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, bauran promosi,
memperluas pangsa pasar.
Metode penelitian yang peneliti pakai adalah studi deskriptif dan analisa
secara kualitatif. Lokasi penelitian di lokasi RSU Queen Latifa Jln. Ringroad
Barat, No.118 Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Informan yang
diambil adalah orang- orang mempunyai tanggung jawab dan wewenang pada
RSU Queen Latifa yang mana mempunyai andil dalam semua proses kerja
komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa, yaitu Direktur II, Kepala Bagian
Humas dan Marketing, staff humas, staff perhatahan pasar, staff perluasan
wilayah, dan staff promosi kesehatan. Metode pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah teknik
analisa data kualitatif dengan uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi
sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran RSU Queen
Latifa yang diterapkan dalam memperluas pasar pada tahun 2016, yaitu dengan
memperkenalkan dan menampilkan karakter yang dimiliki RSU Queen Latifa.
Selanjutnya untuk implementasi kegiatan komunikasi pemasaran, RSU Queen
Latifa menggunakan konsep bauran promosi yaitu periklanan (advertising),
penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion),
public relations atau publisitas, dan pemasaran langsung (direct marketing). | en_US |
dc.description.abstract | Business service competition in hospital was tighter to make the doer of
business service thought about strategy to maximize their market especially for
business service which was focused on low business service loved by society.
This research analyzed the strategy of communication in RSU marketing Queen
Latifa. In this context, this research would discuss how the hospital could widen
the market in 2016 and how the implementation of the communication activity in
RSU Queen Latifa. The theory used in this research was marketing
communication, communication of marketing strategy, promotion, and widening
marketing.
The research method of this research was descriptive study and qualitative
research. The setting of this research was at RSU Queen Latifa Jln. Ringroad
Barat, No.118 Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. The
participants of this research were people who have responsibility and authority in
marketing communication who consisted of Director II , The head of public
relation and marketing, staff of public relation, staff of marketing, staff of
widening area, and staff of health promotion. The method to collect the data, this
research used interview, observation, and documentation. The technique to
analyze the data, this research used validity test which triangulation source was
used.
The result of this research was the communication strategy in RSU Queen
Lativa held to widen the market in 2016, the hospital promoted and showed the
character of the hospital. Then the hospital implements the activity of marketing
communication by using concept of promotion such us advertising, personal
selling, sales promotion, public relation, and direct marketing. | en_US |
dc.publisher | FISIPOL UMY | en_US |
dc.subject | Strategi Komunikasi Pemasaran | en_US |
dc.subject | Pemasaran Rumah Sakit Umum | en_US |
dc.subject | Perluasan Pasar | en_US |
dc.title | STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH SAKIT UMUM QUEEN LATIFA YOGYAKARTA DALAM MEMPERLUAS PASAR TAHUN 2016 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
622 | en_US |