Show simple item record

dc.contributor.advisorISHAK, ASWAD
dc.contributor.authorCORNELLYA, INDAH MAYA
dc.date.accessioned2017-11-14T02:20:45Z
dc.date.available2017-11-14T02:20:45Z
dc.date.issued2017-08-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16015
dc.descriptionPersaingan bisnis jasa dalam bidang rumah sakit semakin ketat membuat para pelaku bisnis jasa memikirkan strategi untuk memaksimalkan pemasarannya untuk meluncurkan sebuah perusahaan jasa yang mempunyai tipe paling bawah yang dapat menarik hati masyarakat. Penelitian ini, menganalisis strategi komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa, dalam hal ini adalah bagaimana memperluas pasar tahun 2016 dengan cara mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa serta bagaimana implementasi dari kegiatan komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa. Kerangkan teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, bauran promosi, memperluas pangsa pasar. Metode penelitian yang peneliti pakai adalah studi deskriptif dan analisa secara kualitatif. Lokasi penelitian di lokasi RSU Queen Latifa Jln. Ringroad Barat, No.118 Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Informan yang diambil adalah orang- orang mempunyai tanggung jawab dan wewenang pada RSU Queen Latifa yang mana mempunyai andil dalam semua proses kerja komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa, yaitu Direktur II, Kepala Bagian Humas dan Marketing, staff humas, staff perhatahan pasar, staff perluasan wilayah, dan staff promosi kesehatan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah teknik analisa data kualitatif dengan uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran RSU Queen Latifa yang diterapkan dalam memperluas pasar pada tahun 2016, yaitu dengan memperkenalkan dan menampilkan karakter yang dimiliki RSU Queen Latifa. Selanjutnya untuk implementasi kegiatan komunikasi pemasaran, RSU Queen Latifa menggunakan konsep bauran promosi yaitu periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), public relations atau publisitas, dan pemasaran langsung (direct marketing).en_US
dc.description.abstractBusiness service competition in hospital was tighter to make the doer of business service thought about strategy to maximize their market especially for business service which was focused on low business service loved by society. This research analyzed the strategy of communication in RSU marketing Queen Latifa. In this context, this research would discuss how the hospital could widen the market in 2016 and how the implementation of the communication activity in RSU Queen Latifa. The theory used in this research was marketing communication, communication of marketing strategy, promotion, and widening marketing. The research method of this research was descriptive study and qualitative research. The setting of this research was at RSU Queen Latifa Jln. Ringroad Barat, No.118 Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. The participants of this research were people who have responsibility and authority in marketing communication who consisted of Director II , The head of public relation and marketing, staff of public relation, staff of marketing, staff of widening area, and staff of health promotion. The method to collect the data, this research used interview, observation, and documentation. The technique to analyze the data, this research used validity test which triangulation source was used. The result of this research was the communication strategy in RSU Queen Lativa held to widen the market in 2016, the hospital promoted and showed the character of the hospital. Then the hospital implements the activity of marketing communication by using concept of promotion such us advertising, personal selling, sales promotion, public relation, and direct marketing.en_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pemasaranen_US
dc.subjectPemasaran Rumah Sakit Umumen_US
dc.subjectPerluasan Pasaren_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH SAKIT UMUM QUEEN LATIFA YOGYAKARTA DALAM MEMPERLUAS PASAR TAHUN 2016en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 622en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record