PENGARUH EDUKASI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN DAN KONTROL TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KASIHAN 1 BANTUL
Abstract
Hipertensi adalah suatu kelainan atau suatu gejala dari gangguan pada
mekanisme regulasi tekanan darah. Hipertensi merupakan faktor resiko penyakit
kardiovaskuler seperti gagal jantung. Kepatuhan pasien hipertensi terhadap
minum obat adalah kunci utama tercapainya tujuan terapi pada pasien hipertensi.
Edukasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kepatuhan pasien.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap tingkat
kepatuhan dan kontrol tekanan darah pada pasien hipertensi di Puskesmas
Kasihan 1 Bantul.
Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Kasihan 1 Bantul selama periode
bulan Februari-Maret 2017 dalam bentuk eksperimen semu dengan desain control
group design with pretest posttest. Besar sampel 31 pasien dibagi menjadi dua
kelompok yang berbeda, yaitu kelompok perlakuan (mendapat edukasi) sebanyak
15 pasien dan kelompok kontrol (tanpa edukasi) sebanyak 16 pasien. Analisis data
menggunakan uji Independent Sample t Test dan Mann Whitney untuk mengetahui
perbedaan antar kelompok perlakuan dan kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada
peningkatan kepatuhan minum obat (p=0.000) dan penurunan tekanan darah
sistolik (p=0.000) pada pasien perlakuan dibanding pasien kontrol. Sedangkan
tidak terdapat perbedaan signifikan pada penurunan tekanan darah diastolik
(p=0.114) pada pasien perlakuan dibanding pasien kontrol. Kesimpulan penelitian
ini bahwa edukasi memberi pengaruh terhadap peningkatan kepatuhan dan
penurunan tekanan darah sistolik pada pasien hipertensi.