Show simple item record

dc.contributor.advisorOKTOMY N S, CHAYADI
dc.contributor.authorHERLIA, SEKAR GRACE
dc.date.accessioned2017-11-16T03:59:55Z
dc.date.available2017-11-16T03:59:55Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16123
dc.description.abstractPeranan sistem informasi pada suatu perusahaan sangat dibutuhkan untuk memudahkan perusahaan dalam menjalankan sebuah sistem secara terencana, terkontrol, sistematis dan saling terhubung. Dengan adanya sistem diharapkan suatu perusahaan dapat mengkontrol proses penjualan yang dilakukan, mengurangi penyimpangan dan kesalahan yang mungkin terjadi serta memudahkan dalam pengambilan keputusan untuk suatu masalah. Dalam hal ini Perusahaan Percetakan Gramasurya masih menggunakan sistem konvensional dalam mencatat penjualan serta pemesanan yaitu dengan menggunakan formulir dalam bentuk kertas, sehingga menimbulkan beberapa permasalahan seperti seringnya terjadi kesalahan dalam proses pencetakan, pengiriman, pembayaran, seringnya terjadi kehilangan form pemesanan, serta sulitnya merekap data penjualan karena terlalu banyak form pemesanan. Dari uraian masalah yang ada akan dilakukan pengembangan dan pengimplementasian sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dengan menggunakan aplikasi Odoo yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan juga memudahkan berjalannya proses bisnis supaya lebih terintegrasi. Pengembangan dan pengimplementasian sistem Enterprise Resource Planning (ERP) diawali dengan melakukan analisis terhadap proses bisnis yang berjalan pada divisi marketing, kemudian dilanjutkan dengan melakukan studi pendahuluan yang terdiri studi literatur mengenai penelitian terkait dan studi lapangan dari lokasi yang akan teliti, lalu dilakukan modeling proses bisnis untuk mendapatkan alur kerja yang akan menjadi acuan dalam mengembangkan sistem, kemudian modeling proses bisnis divisi marketing, kemudian implementasi menggunakan oddo sesuai dengan proses bisnis yang dibutuhkan. Tahapan berikutnya adalah pengujian sistem yang bertujuan untuk menilai apakah sistem yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang direncanakan. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan yaitu, modul sales membantu dalam menerima pesanan serta mempermudah dalam mendistribusikan sales order, modul CRM membantu memantau keberhasilan serta pencapaian target penjualan.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectOdooen_US
dc.subjectEnterprise Resource Planningen_US
dc.subjectSistem Informasien_US
dc.subjectBisnis Prosesen_US
dc.subjectMarketingen_US
dc.titlePENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO PADA DIVISI MARKETING ( MODUL : SALES DAN CRM ) (STUDI KASUS : DIVISI MARKETING PT. GRAMASURYA YOGYAKARTA)en_US
dc.typeThesis SKR F T 569en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record