View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS MEDIA PROMOSI POSTER “GARANSI KEKECEWAAN” DI WAROENG SPESIAL SAMBAL YOGYAKARTA DALAM MENCAPAI KEPUASAN KONSUMEN TAHUN 2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (225.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (573.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (341.8Kb)
      ABSTRACT (285.3Kb)
      BAB I (475.7Kb)
      BAB II (683.3Kb)
      BAB III (422.3Kb)
      BAB IV (208.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (195.6Kb)
      LAMPIRAN (101.4Kb)
      LAMPIRAN (346.2Kb)
      Date
      2017-11-07
      Author
      SAPUTRO, FEBRI ADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pesaingan bisnis kuliner semakin ketat. Dengan persaingan yang ketat semacam ini menuntut para pelaku usaha kuliner untuk berpikir inovatif utamanya dalam bidang promosi dengan tujuan menarik perhatian dari para konsumen. Salah satu cukup inovatif dan cukup unik dalam berpromosi adalah apa yang dilakukan oleh Waroeng Spesial Sambal dengan mengadakan poster “Garansi Kekecewaan”. Poster ini dihadirkan bagi para konsumen yang merasa tidak puas dengan cita rasa makanan yang dihidangkan oleh Waroeng Spesial Sambal seperti keasinan, terlalu gosong, kemanisan dan sejenisnya. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas iklan menurut Durianto yang terbagi dalam empat dimensi penilaian yaitu Empathy, Persuasion, Impact dan Communication atau yang lebih dikenal dengan EPIC Model. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif dan dianalisa secara kualitatif. Lokasi penelitian mengambil di Waroeng Spesial Sambal cabang Samirono Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah poster “Garansi Kekecewaan” yang ada di Waroeng Spesial Sambal cabang Samirono cukup efektif dinilai dari teori efektivitas iklan yang digunakan yaitu EPIC Model, dimana Empathy dengan indikator berupa nilai afeksi dan nilai kognisi, Persuasion dengan indikator keinginan berperilaku dan perubahan kepercayaan, Impact dengan indikator pengetahuan terhadap iklan/produk dan ketertarikan pesan, serta Commmunication dengan indikator berupa kemampuan mengingat pesan, kemampuan pemahaman iklan dan kekuatan kesan yang ditimbulkan. Dari keempat dimensi tersebut, Waroeng Spesial Sambal sudah mampu menyampaikan maksud dan tujuan dari adanya poster “Garansi Kekecewaan” dengan baik dan efektif. Hal ini diperkuat dengan hasil bahwa setengah dari sepuluh informan yang diwawancarai mengungkapkan respon yang positif dan apa yang diharapkan oleh pihak Waroeng Spesial Sambal sejalan dengan yang terjadi di lapangan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16124
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV