STRATEGI PROMOSI NAKAMURA THE HEALING TOUCH PANDEGA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN TAHUN 2016-2017
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi promosi yang dilakukan oleh Nakamura The Healing Touch Pandega dalam menarik minat konsumen tahun 2016-2017. Sebagai salah satu usaha di bidang jasa, tentu saja Nakamura The Healing Touch Pandega promosi yang dilakukan bertujuan untuk mempromosikan jasanya kepada masyarakat agar masyarakat tertarik untuk datang ke Nakamura The Healing Touch Pandega.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini mengumpulkan informasi, mengidentifikasi, mendeskripsikan dan mengevaluasi segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi, sedangkan teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Selain itu, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Lalu untuk validitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Nakamura The Healing Touch Pandega terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi. Proses perencanaan dilakukan sesuai dengan tujuan promosi yakni menarik minat konsumen. Lalu untuk pelaksanaannya, Nakamura The Healing Touch Pandega hampir menggunakan semua elemen dari bauran promosi periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, personal selling, dan juga event sponsorship. Sedangkan untuk evaluasi, Nakamura The Healing Touch Pandega mengadakan rapat sebagai proses kegiatan evaluasinya.