STRATEGI PROMOSI JOGJA CHINESE ART AND CULTURE CENTRE (JCACC) PADA EVENT PEKAN BUDAYA TIONGHOA YOGYAKARTA 2017 UNTUK MENARIK KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA
Abstract
Yogyakarta sebagai daerah wisata populer di indonesia menawarkan banyak jenis wisata. Wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam, sampai event-event berskala nasional yang mampu menarik wisatawan dari seluruh nusantara. Salah satu event berskala nasional dan terbesar di Yogyakarta adalah Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang diselenggarakan oleh Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC). Event kebudayaan yang di gelar di kawasan Malioboro ini mampu menarik perhatian ribuan pengunjung setiap tahunnya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan dianalisa secara kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dengan informan, serta dokumen-dokumen relevan yang terkait dengan pelaksanaan event PBTY 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) sebagai pihak penyelenggara berhasil menarik kunjungan wisatawan nusantara karena pada event PBTY 2017 menerapkan strategi promosi yang baik. Strategi promosi dilakukan JCACC untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara adalah dengan membuat pesan kebhinekaan Indonesia yaitu “Pelangi Budaya Nusantara”, menampilkan budaya lokal dari berbagai daerah di Indonesia, menghadirkan kuliner khas nusantara, dan menggelar pawai budaya tionghoa disepanjang jalan kawasan Malioboro.