Show simple item record

dc.contributor.advisorN, NURWANTO
dc.contributor.authorEFENDI, ROZAK
dc.date.accessioned2018-01-15T04:03:10Z
dc.date.available2018-01-15T04:03:10Z
dc.date.issued2017-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16782
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program pembelajaran tahfidz dan tahsin Al-Qur’an, faktor penunjang dan penghambat, serta untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran tahfidz dan tahsin untuk kelas I dan II di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, yakni jenis penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu kegiatan khususnya di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program pembelajaran Tahsin dan Tahfidz merupakan program unggulan sekolah yang memiliki target hafalan minimal 1 juz tepatnya juz XXX (2) SD Muhammadiyah Al Mujahidin memiliki kurikulum khusus pembelajaran tahfidz dan tahsin, serta telah menetapkan materi pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran. (3) Proses pembelajaran tahfidz dan tahsin terdiri dari tiga bagian yaitu : pra belajar, Pembelajaran inti, Pembelajaran akhir, metode yang digunakan adalah memperdengarkan bacaan, metode wahdah, metode kitabiah, metode pemberian tugas, dan metode muraajaah. (4) Faktor pendukung yaitu meliputi fasilitas sekolah, komitmen guru, metode mengajar, dan kemampuan siswa dan penghambat yaitu dukungan orangtua dan lingkungan tempat tinggal siswa. (5) Pelaksanaan evaluasi dibagi menjadi tujuh yaitu: evaluasi harian, evaluasi mingguan, evaluasi 2 bulanan, evaluasi semester, evluasi tahunan, evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar.en_US
dc.description.abstractThis study aims to figure out the planning of the Al-Qur’an tahfidz and tahsin learning program, the supporting and inhibiting factors, as well as to find out the tahfidz and tahsin learning evaluation for grade I and grade II students of SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul DIY. This study was a qualitative research, in which it is aimed at describing and analyzing specific events in SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Result shows that (1) the tahfidz and tahsin learning program is the school’s eminent program in which there is Al-Qur’an memorizing target of minimum 1 juz. (2) SD Muhammadiyah Al Mujahidin has special curriculum within the learning implementation. (3) The tahfidz and tahsin learning process contains three parts: pre-learning, core learning, and post-learning. The methods used are listening to a recitation, wahdah, kitabiah, assignment and muraajaah. (4) The supporting factors are the school’s facility, the teachers’ commitment, teaching method, and the students’ competence. The inhibiting factors are the parents’ support and the students’ residence environment. (5) The evaluation is divided into seven: daily evaluation, weekly evaluation, 2-months evaluation, semester evaluation, yearly evaluation, process evaluation and learning output evaluation.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectProgram, Tahfidz, Tahsin, Methods. Program, Tahfidz, Tahsin, Metodeen_US
dc.titlePROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN UNTUK SISWA KELAS I DAN II DI SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 549en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record