Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorMUBAROK, RIFQI YUSUF
dc.date.accessioned2018-01-15T07:24:39Z
dc.date.available2018-01-15T07:24:39Z
dc.date.issued2017-12-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16807
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi belajar agama siswa, (2) penggunaan media CD pembelajaran PAI, (3) peningkatan motivasi belajar agama siswa kelas V B SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta. Penelitian ini ingin membuktikan secara empiris apakah terjadi peningkatan motivasi belajar agama setelah menggunakan media CD pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan mixed method. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta dengan teknik penentuan subjek purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan teori Miler dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar agama pada siklus I masih cukup rendah dengan persentase sebesar 47,72%. Sedangkan kriteria pada siklus II sudah tergolong tinggi dengan persentase sebesar 69,17%. (2) media CD pembelajaran PAI dioperasikan melalui laptop kemudian ditampilkan melalui LCD dan proyektor. Media ini digunakan untuk melakukan pembelajaran dalam rangka meningkatkan motivasi belajar agama. (3) terjadi peningkatan motivasi belajar agama dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut ditandai dengan meningkatnya hasil observasi pada siklus I dan siklus II sebesar 35,74%. Sedangkan peningkatan dari hasil angket adalah sebesar 7,17%. Secara keseluruhan peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 21,45%.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine: (1) the motivation to learn the religion of students, (2) the use of CD media in learning PAI (Islamic Religious Education), and (3) the increasing motivation of learning religion of students class V B SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta. This study wants to prove empirically whether there is an increase in religious learning motivation after using CD media in learning PAI. This type of research is Classroom Action Research (PTK) with mixed method approach. Subjects in this study were students of class V B SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta with the technique of determining subject with purposive sampling. Methods of data collection were done through interviews, observation, questionnaires and documentation. Quantitative data were analyzed using descriptive statistics, while qualitative data were analyzed using Miler and Huberman’s theory which included data reduction, data presentation and conclusion. The results show that: (1) the motivation of studying religion on cycle I is still quite low with a percentage of 47.72%. While the criteria in cycle II is already high with percentage of 69.17%. (2) CD media in learning PAI operated through laptops and then displayed via LCD and projector. This media is used to conduct learning in order to increase the motivation to learn religion. (3) There is increased motivation to learn religion from cycle I to cycle II. The increase was marked by the increase of observation result in cycle I and cycle II of 35.74%. While the increase from the result of questionnaire is equal to 7.17%. Overall the increase in learning motivation from cycle I to cycle II is equal to 21.45%.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectlearning motivation, use of learning CD media motivasi belajar, penggunaan media CD pembelajaran.en_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record